Tips Mengatasi Asam Lambung Naik

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik – Naiknya kadar asam lambung di dalam tubuh membuat sistem pencernaan menjadi terganggu. Asam lambung bisa naik ke dada atau kerongkongan yang diakibatkan oleh katup antara kerongkongan dan lambung tidak berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat menimbulkan gejala asam lambung tinggi yang mana mengakibatkan rasa sakit pada dada atau nyeri ulu hati, mulut terasa asam/pahit, perut tidak nyaman dan sulit menelan.

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam lambung yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa makanan penyebab asam lambung naik. Maka dari itu, penderita asam lambung harus memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi agar tidak memicu asam lambung naik. Penderita asam lambung bisa mengkonsumsi makanan untuk penderita asam lambung atau pun buah buahan untuk penderita asam lambung.

Untuk mengatasi asam lambung naik tidak harus selalu dengan obat, masalah ringan seperti bisa diatasi dengan banyak cara lain salah satunya dengan cara alami. Meskipun termasuk gangguan ringan, gangguan tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja tetapi harus ada cara untuk mengatasinya. Cara mengatasinya secara alami merupakan cara efektif yang dapat meringankan gejala asam lambung tinggi. Namun, perlu anda ketahui bahwa menggunakan cara alami tidak dapat menyembuhkan secara permanen melainkan hanya meringankan gejalanya saja. Berikut ini beberapa cara alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung naik diantaranya:

1. Permen Karet

Untuk mengatasi asam lambung naik, anda bisa menggunakan permen karet. Permen karet bebas gula dapat membantu merangsang produksi air liur meningkat. Air liur memiliki sifat basa sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Disarankan untuk memilih permen karet bebas gula dan kunyah selama setengah jam setelah makan. Hindari juga permen karet rasa mint karena dapat meningkatkan asam lambung.

Hal tersebut sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di Journal of Dental Research mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan dapat mengurangi masalah GERD (Gastro Esophagial Reflux Disease). Refluks tersebut merupakan kata lain dari naiknya asam lambung. Menurut Rebecca Moazzez DPhil dari King’s College London yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Mengunyah permen karet dapat merangsang pelepasan air liur. Asam yang terkumpul di dalam perut akan tercuci bersih dan cepat hilang sehingga gejala GERD berkurang.”

2. Jahe

Rempah yang satu ini diketahui sangat ampuh dalam mengatasi masalah asam lambung. Hal ini dikarenakan jahe mengandung zat khusus yang dapat membantu mengatasi sakit perut pada saat asam lambung naik. Untuk mengkonsumsi jahe harus dengan takaran yang pas atau sekitar 1-2 gram jahe bubuk sehari. Lebih dari 2-4 gram dapat memperburuk kondisi nyeri dada akibat asam lambung. Bisa juga memasukkan jahe bubuk ke dalam minuman teh atau susu. Minum ramuan jahe tersebut sebelum tidur sehingga akan merasa lebih baik di keesokan harinya. Belum banyak penelitian mengenai khasiat jahe untuk asam lambung, namun dari pengalaman secara turun-temurun sudah banyak yang membuktikannya.

3. Baking Soda

Tidak hanya digunakan dalam pembuatan kue saja, ternyata baking soda juga bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan yang terganggu serta menetralkan asam lambung. Menurut Jacqueline Wolf, MD, ahli kesehatan dari Harvard Medical School mengatakan “Baking soda dapat digunakan pada orang yang mengalami nyeri dada atau sakit dada akibat asam lambung. Sifatnya yang basa dapat membantu menetralisir asam.”

Wolf menyarankan untuk mengkonsumsi baking soda sekitar ½ hingga 1 sendok ke dalam segelas air. Lakukan hingga empat kali sehari pada 1-2 jam setelah makan. Jika menggunakan baking soda tidak dapat mengatasi asam lambung, carilah cara lain karena baking soda mengandung garam yang dapat mengakibatkan efek samping seperti mual dan muntah.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang kerap dijadikan jus untuk kesehatan tubuh. Dengan khasiat yang dimilikinya ternyata lidah buaya sangat efektif dalam mengatasi asam lambung naik. Hal tersebut sudah diungkapkan oleh Victor Sierpina MD dari University of Texas Medical Branch yang meneliti mengenai manfaat lidah buaya ketika asam lambung naik ke kerongkongan mengatakan bahwa lidah buaya dapat meredakan inflamasi atau peradangan yang terjadi di esofagus (kerongkongan) seperti halnya pada lambung.

Dr Sierpina menyarankan ½ gelas lidah buaya sebelum makan bagi seseorang yang sering mengalami refluks asam lambung. Anda harus mewaspadai adanya efek samping yang ditimbulkan oleh lidah buaya yaitu akan sering mengalami buang air besar.

Itulah beberapa cara alami yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada saat asam lambung naik. Perlu diingatkan kembali bahwa cara mengatasi asam lambung dengan menggunakan cara alami tersebut tidak dapat menyembuhkan asam lambung secara permanen akan tetapi meringankan gejala asam lambungnya saja.

Apakah anda sedang mencari solusi tepat untuk menyembuhkan asam lambung secara permanen, aman dan tanpa efek samping dalam jangka waktu yang relatif singkat? Simak selengkapnya di -> Obat Tradisional Asam Lambung Naik Di Apotik

Baca juga

Obat Sakit Ulu Hati Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Dewasa
Obat Maag Saat Puasa
Obat Penurun Asam Lambung Tinggi

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*