Tips Kuat Berpuasa Seharian Selama Bulan Ramadhan

Tips Kuat Berpuasa Seharian Selama Bulan Ramadhan

Tips Kuat Berpuasa Seharian Selama Bulan Ramadhan – Ketika sedang menjalankan ibadah puasa kita harus bisa menahan makan dan minum serta hawa nafsu di mulai dari sahur hingga berbuka. Sekitar 13 jam lamanya kita harus menahan lapar dan haus, maka dari itu diperlukan niat yang kuat agar mampu menahan godaan dari semua itu. Meskipun kita tengah berpuasa, kegiatan sehari-hari harus tetap berjalan sehingga kita memerlukan asupan nutrisi yang cukup saat sedang berpuasa.

Tips Kuat Berpuasa Seharian Selama Bulan Ramadhan

Apabila tubuh kita kekurangan nutrisi, maka tubuh akan mudah lemas dan mengakibatkan  tubuh terasa panas, temperatur dalam darah naik dan suhu badan meningkat sehingga tubuh akan kekurangan kalori dan nutrisi dalam tubuh. Menurut Dokter Speasialis Gizi Klinik Samuel Oetoro mengatakan bahwa penyebab orang cepat lemas ketikan berpuasa dikarenakan jumlah kadar gula dalam tubuh lama-kelamaan semakin berkurang. Oleh karena itu, pemilihan makanan yang tidak tepat pada sahur dapat mempengaruhi kondisi tubuh di siang hari.

Untuk membuat tubuh kuat ketika berpuasa, kita diwajibkan untuk memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi oleh tubuh sehingga hal tersebut akan menjaga dan memperoleh energi yang cukup selama berpuasa dan mampu menahan lemas. Adapun makanan yang dikonsumsi harus mampu mencukupi kebutuhan nutrisi, makanan tersebut diantaranya makanan yang mengandung protein, serat, karbohidrat, mineral dan vitamin. Tidak hanya asupan makanan, ada beberapa cara yang dapat membantu mencegah tubuh lemas saat berpuasa diantaranya:

1. Konsumsi Makanan Berserat dan Air Putih

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran-sayuran dan buah-buahan dapat membuat perut lebih lama kenyang. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang terdapat pada sayuran dan buah tersebut mampu membantu penyerapan karbohidrat secara bertahap sehingga menghasilkan efek kenyang lebih lama dan juga energi tidak akan mudah berkurang. Selain makanan yang mengandung serat, bisa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan beras merah yang juga dapat membuat kenyang lebih lama.

Hindari makanan yang mengandung banyak gula karena dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mudah haus pada siang hari. Perbanyak minum air putih ketika sahur agar mencegah dehidrasi pada siang hari. Terapkan pola 2-4-2 untuk mengkonsumsi air putih ketikan bulan puasa. 2 gelas saat sahur, 4 gelas ketika berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Sempatkan Melakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan ketika berpuasa ternyata dapat mencegah tubuh lemas saat berpuasa. Tidak harus melakukan olahraga yang berat, melakukan olahraga ringan pun sudah cukup ketika berpuasa. Aktivitas fisik tetap dibutuhkan agar tubuh tetap fit dan segar. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki pada pagi hari atau melakukan senam ringan selama 15-30 menit. Pilihlah olahraga yang tidak menguras keringat agar tidak mudah dehidrasi.

3. Tidur Siang

Melakukan kegiatan seperti biasa selama berpuasa membuat tubuh akan lebih cepat lemas. Untuk mengatasinya, gunakan waktu istirahat dengan tidur siang selama 30 menit. Tidur siang berguna untuk memulihkan energi agar bisa kembali beraktivitas. Pilihlah waktu yang tepat ketika akan tidur siang, biasanya waktu dimana otak sudah lelah dan susah untuk berkonsentrasi.

4. Jangan Berlebihan Saat Berbuka

Ketika sudah saatnya berbuka puasa, awali dengan mengkonsumsi makanan yang manis dan sehat seperti buah kurma, jus buah atau buah-buahan segar lainnya. Mengkonsumsi makanan yang manis ketika berbuka puasa mampu mengembalikan kandungan gula yang hilang di dalam tubuh yang berfungsi sebagai sumber energi. Hindari makanan yang terlalu berat dapat menyebabkan tubuh cepat lemas dan timbul masalah kesehatan seperti sariawan dan sakit tenggorokan. Apabila sedang menjalankan program diet, usahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah atau jus buah.

5. Usahakan Mengkonsumsi Makanan Berat Setelah Shalat Tarawih

Mengkonsumsi makanan berat setelah shalat tarawih adalah waktu yang sangat tepat untuk perut siap menampung kembali makanan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah sakit perut dan tubuh lemas. Apabila langsung mengkonsumsi makanan berat ketika berbuka puasa maka akan mudah mengantuk dan juga sangat tidak baik bagi kesehatan serta dapat membuat berat badan cepat naik.

6. Waktu Tidur Terpenuhi

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh kuat selama berpuasa. Sebisa mungkin anda harus mengatur waktu tidur dengan baik di bulan ramadhan karena banyak perubahan dalam kebiasaan sehari-hari pada bulan ramadhan seperti bangun lebih awal untuk sahur, dengan hanya melakukan sahur saja waktu tidur anda sudah terbuang 1-2 jam. Oleh karena itu, anda harus menyesuaikan jam tidur dengan kebutuhan diri. Usahakan tidur di bawah jam 10 malam agar jumlah waktu tidur tetap cuku meskipun telah terpotong waktu sahur.

Dengan waktu tidur yang dimiliki sudah cukup, tentunya akan berpengaruh pada fisik menjadi lebih baik sehingga melakukan aktivitas apapun dalam terlaksana dengan tanpa merasa lemas. Hindari begadang pada bulan ramadhan, kurang tidur dapat membuat badan lemas dan jika terus dilakukan akan meningkatkan risiko terkena penyakit akibat kelelahan seperti maag atau asam lambung tinggi dan tipes.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar puasa tetap kuat selama bulan ramadhan. Menjalankan ibadah puasa tidak hanya menambahkan ketaqwaan dan ibadah kita tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, puasa juga seperti obat alami asam lambung bagi penderita asam lambung karena dengan berpuasa perlahan-lahan asam lambung mereda. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan.

Baca juga

Obat Asam Lambung Tinggi Di Apotik
Obat Tradisional Infeksi Saluran Pencernaan Pada Dewasa
Obat Perut Mulas dan Mencret Di Apotik
Obat Maag Saat Puasa
Tips Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Post by: Obat Pereda Asam Lambung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*