Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Menjalankan ibadah puasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Bagi seseorang yang memiliki kondisi tubuh yang sehat, berpuasa bukanlah suatu masalah dan bisa dilalui dengan lancar tanpa gangguan. Namun, bagaimana cara berpuasa bagi orang yang memiliki keluhan seperti halnya penyakit asam lambung? Apakah harus tetap menjalankan ibadah puasa atau diberi kemudahan untuk tidak menjalankannya?

Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Agama islam memerintahkan kepada setiap umatnya untuk melaksanakan ibadah puasa sesuai dengan kemampuannya. Memiliki asam lambung tinggi ketika berpuasa memang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, akan tetapi puasa ramadhan tetaplah perintah wajib yang harus dijalankan. Apabila masih mampu berpuasa, jangan menjadikan asam lambung tinggi sebagai alasan untuk tidak melakukan puasa selama bulan ramadhan.

Ada beberapa penelitian ilmiah yang sudah membuktikan berbagai manfaat dari berpuasa salah satunya adalah memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan. Hal tersebut tentunya sangat baik bagi penderita asam lambung tinggi karena berpuasa merupakan salah satu cara tepat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Dengan berpuasa, penderita asam lambung dapat mengatur pola makan yang lebih baik dan teratur, mengurangi kebiasaan merokok dan makanan-makanan yang tidak sehat, stress dan sebagainya. Tidak hanya itu, saat berpuasa juga tubuh dapat memiliki banyak waktu untuk penyembuhan dengan mengganti sel-sel yang rusak, mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh serta membersihkan usus agar mampu menyerap nutrisi yang lebih baik.

Sangat banyak manfaat berpuasa untuk penyakit asam lambung, maka dari itu penderita asam lambung sebaiknya menjalankan puasa demi kesembuhan penyakit. Selain mengkonsumsi obat pereda asam lambung untuk membantu menjalankan ibadah puasa, adapun beberapa Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung agar mampu menjalankan ibadah puasa tanpa gejala asam lambung naik muncul. Tidak perlu berlama lagi, inilah beberapa tips berpuasa bagi penderita asam lambung:

1. Tidak Melewatkan Makan Sahur

Penderita asam lambung diharuskan untuk selalu makan sahur. Hal tersebut bermanfaat untuk mencegah kondisi lambung tidak kosong sehingga tingkat keasamannya dapat dipertahankan dalam batas normal. Apabila melewatkan makan sahur maka hal tersebut mampu memperparah kondisi lambung pada siang hari karena perut benar-benar kosong. Tidak hanya menjadi simpanan pada puasa, makanan yang masuk ke dalam perut pada saat sahur mampu mencegah asam lambung naik ke dada atau ke tenggorokan.

2. Segerakan Berbuka Puasa

Jika sudah waktunya untuk berbuka puasa, penderita asam lambung harus segera berbuka. Perut yang kosong tersebut harus segera diisi dengan makanan karena perut butuh mencerna makanan sehingga asam lambung yang diproduksi tersebut mampu digunakan untuk menghancurkan makanan yang masuk. Ingat apabila sudah waktunya berbuka jangan menunda-nunda untuk mengisi perut saat berbuka.

3. Makan Secara Perlahan

Makan dengan perlahan merupakan salah satu tips berpuasa untuk penderita asam lambung. Boleh saja lapar saat berbuka puasa, namun jangan sampai mengikuti nafsu untuk berbuka cepat dengan makan terlalu lahap tanpa dikunyah dengan baik. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar justru mampu memicu asam lambung meningkat. Maka dari itu, makanlah secara perlahan, nikmati setiap makanan pada mulut sehingga dapat terhindar dari rasa sakit akibat dari asam lambung naik.

4. Usahakan Makan Dengan Porsi Sedikit

Pada saat berpuasa, penderita asam lambung hendaknya mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil. Meskipun sangat lapar, usahakan untuk tidak terlalu makan banyak terlebih dahulu. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit termasuk salah satu hal yang dapat mencegah asam lambung naik. Jika langsung makanan dengan porsi yang besar justru akan memicu naiknya kadar asam lambung. Tidak hanya saat berbuka, pada sahur juga harus menerapkan pola makan ini. Oleh karena itu, jangan bangun terlalu berdekatan dengan waktu imsak sebaiknya siapkan waktu sekitar dua sampai tiga jam untuk menikmati makanan sahur yang akan dikonsumsi.

5. Hindari Tidur atau Rebahan Setelah Makan

Ketika sudah melakukan makan sahur, biasanya kita ingin kembali tidur atau sekedar rebahan saja. Akan tetapi, kebiasaan tersebut sebaiknya perlu dijauhi karena dapat menyebabkan asam lambung naik. Waktu yang cukup untuk kembali ke tempat tidur setelah sahur adalah sekitar tiga jam.

6. Jauhi Hal-hal Yang Dapat Memicu Asam Lambung Naik

Tidak hanya mengatur pola makannya saja, penderita asam lambung juga harus memilih makanan yang baik untuk penderita asam lambung seperti buah buahan untuk penderita asam lambung serta sayuran yang baik penderita asam lambung. Jangan sekali-kali untuk mengkonsumsi makanan penyebab asam lambung tinggi karena mempengaruhi naiknya kadar asam lambung.

7. Tinggikan Kepala Saat Tidur

Pada saat tidur, penderita asam lambung harus menaikkan posisi tidurnya sekitar 15 cm lebih tinggi dibandingkan dengan biasanya. Jangan menggunakan tumpukan bantal untuk meninggikannya karena hanya kepala saja yang terangkat sedangkan bagian atas tubuh juga harus ikut terangkat sehingga posisi tidur anda sedikit miring. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah asam lambung naik.

Itulah beberapa tips berpuasa untuk penderita asam lambung. Apabila tips tersebut tidak bekerja secara efektif, gunakan obat asam lambung tinggi yang sudah terbukti aman atau konsumsi obat asam lambung tinggi di apotik.

Tips Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Kuat Berpuasa Seharian Selama Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*