Penyebab Nyeri Ulu Hati Setelah Makan

By | August 9, 2017

Penyebab Nyeri Ulu Hati Setelah Makan

Penyebab Nyeri Ulu Hati Setelah Makan – Setelah sekian banyak makan atau makan makanan super pedas, seringkali perut jadi diteror oleh sensasi terbakar di bagian ulu hati. Biasanya hal ini juga disertai rasa asam atau pahit di tenggorokan atau mulut. Sensasi perut panas ini sering disebut juga heartburn.

Penyebab Nyeri Ulu Hati Setelah Makan

Nyeri ulu hati setelah makan bisa dipicu oleh makanan yang dimakan atau karena adanya gangguan di pencernaan sehingga sulit mencerna makanan dengan baik. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab atau kondisi medis. Jika Anda sering mengalami sakit ulu hati setelah makan, hal itu mungkin disebabkan oleh masalah pada sistem pencernaan yang mungkin memerlukan perhatian medis.

Pada saat menelan makanan, makanan akan melewati kerongkongan turun ke lambung untuk dicerna. Gerakan menelan ini menyebabkan otot-otot antara kerongkongan dan lambung yang disebut sfingter esofagus terbuka, agar makanan dan cairan masuk ke lambung. Apabila tidak menelan, sfingter akan tetap tertutup.

Jika sfingter esofagus tidak menutup sepenuhnya setelah menelan, maka cairan asam lambung dapat kembali ke kerongkongan. Reaksi ini disebut refluks. Terkadang, asam lambung ini mencapai bagian bawah kerongkongan, dan menyebabkan sensasi terbakar di ulu hati. 

Mengamati gejala apapun yang muncul akan sangat membantu untuk mengetahui masalah yang terjadi dan sekaligus memprediksi apakah itu berbahaya atau tidak. Berikut ini beberapa penyebab nyeri ulu hati setelah makan sebagai berikut:

1. Makan Cepat dan Berlebih

Jika seseorang makan terlalu banyak atau makan terlalu cepat, seringkali menyebabkan sakit perut. Inilah respon tubuh yang menyuruh Anda berhenti makan karena sudah ada banyak makanan di perut Anda. Makan terlalu cepat akan membuat perut berkontraksi terlalu banyak.

2. Intoleransi Makanan

Intoleransi makanan berarti seseorang tidak dapat menerima makanan tertentu, ini bersifat individu. Misalnya makanan pedas umumnya bisa menyebabkan kram atau nyeri ulu hati bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Jadi tanda utama intoleransi makanan adalah setelah makan-makanan tertentu perut atau ulu hati akan sakit dan akan terjadi lagi apabila memakannya lagi. Keracunan makanan juga bisa menyebabkan sakit perut yang tajam setelah makan.

3. Tukak Lambung atau Luka Lambung

Nyeri ulu hati (epigastrium) adalah gejala utama dari tukak lambung. Hal ini ditandai dengan rasa sakit atau nyeri di perut setelah makan. Jika sakit perut sesaat setelah makan maka cenderung sakit maag.

4. Konstipasi atau Sembelit

Apabila belum buang air besar berhari-hari, seseorang mungkin mengalami pengerasan tinja (sembelit / konstipasi) yang dapat menekan saluran gastrointestinal. Terlebih lagi jika tekanan meningkat setelah makan, maka rasa sakit perut akan terasa lebih sakit setelah makan.

5. GERD

Kelainan perut yang disebut GERD umumnya akan menyebabkan mual dan nyeri di ulu hati dan dada setelah makan. Terasa seperti sensasi terbakar di perut bagian atas ke dada (mulas).

6. Penyumbatan usus

Jika terjadi penyumbatan usus halus atau kolon, maka bisa mencegah terlewatnya makanan. Penyumbatan itu sendiri dapat disebabkan oleh makanan yang tidak mudah dicerna, penglengkatan usus, tumor atau hernia. Gejala yang sering muncul biasanya kram perut setelah makan besar dan terkadang disertai tinja berair atau diare.

7. Pankreatitis

Pankreas juga bisa meradang, sakit perut dimulai secara bertahap di daerah atas dekat perut dan menyebar ke seluruh perut setelah makan.

Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati  Setelah Makan

Jika Anda mengalami sakit ulu hati setelah makan dan itu ringan, maka yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Jangan Segera Berbaring 

Apa yang biasanya Anda lakukan segera setelah makan? Ya, banyak dari kita yang kena kantuk akibat kekenyangan dan akhirnya memilih untuk berbaring setelah makan. Namun, sebaiknya Anda harus menunda keinginan Anda. Segera berbaring setelah makan bisa memperparah kondisi nyeri ulu hati.

2. Hindari merokok, Alkohol, dan Kafein

Bagi perokok berat, merokok sehabis makan adalah kebiasaan yang tak bisa dilewatkan. Ternyata, merokok setelah makan justru bisa memperparah kondisi sakit ulu hati. Hal ini karena merokok bisa melemahkan kinerja otot di perut yang berfungsi mencegah asam lambung sampai ke tenggorokan. Kafein dan alkohol juga akan memiliki efek yang sama.

3. Kenakan Pakaian Longgar

Ikat pinggang atau pakaian ketat yang menekan perut, dapat memperburuk sensasi terbakar pada ulu hati. Oleh karena itu kendurkan semua pakaian ketat setelah makan atau ganti pakaian menggunakan baju yang lebih longgar.

4. Tinggikan Kepala dan Tubuh Bagian Atas Saat Berbaring

Mengangkat bagian atas tubuh kira-kira 10-15 cm saat berbaring bisa mencegah refluks asam lambung dan perut panas. Saat tubuh bagian atas diangkat, maka gravitasi akan mencegah isi perut naik kembali ke kerongkongan. Namun, Anda harus berhati-hati jika menopang tubuh Anda dengan setumpuk bantal. Perhatikan bahwa tubuh Anda tidak menekuk, karena tubuh yang tertekuk akan meningkatkan tekanan di perut sehingga dapat meningkatkan gejala mulas dan sensasi terbakar di ulu hati.

5. Kurangi Makan Makanan Berlemak

Selain mengubah kebiasaan setelah makan, anda juga diharuskan untuk mencoba mengkonsumsi makanan rendah lemak, karena lemak bisa memperburuk gejala perut panas dan mulas serta meredakan nyeri ulu hati.

Itulah beberapa penyebab nyeri ulu hati setelah makan dan cara mengatasinya. Pernah mengalami nyeri ulu hati setidaknya satu kali merupakan hal yang wajar, namun apabila sering merasa terbakar pada ulu hati lebih dari dua kali dalam seminggu disertai dengan gejala yang terus memburuk kemungkinan anda menderita kondisi gangguan pencernaan yang lebih serius.

Apabila anda tidak merasakan perubahan apapun meskipun sudah melakukan cara di atas, segera atasi nyeri ulu hati dengan mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti mampu meredakan sekaligus menyembuhkan nyeri ulu hati hingga ke akarnya secara alami tanpa efek samping yang membahayakan. Hanya dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur masalah  nyeri ulu hati dapat disembuhkan dalam waktu yang relatif singkat. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC Jelly Gamat dapat mengatasi nyeri ulu hati silahkan klik -> Obat Nyeri Ulu Hati Di Apotik

Baca juga

Obat Asam Lambung Di Apotik
Obat Tukak Lambung Di Apotik
Obat Lambung Bocor Di Apotik
Obat Infeksi Pencernaan Pada Orang Dewasa
Obat Perut Mulas dan Mencret Pada Anak

Penyebab Nyeri Ulu Hati Setelah Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *