Penyebab Nyeri Ulu Hati Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Ulu Hati Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Ulu Hati Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya – Nyeri ulu hati merupakan salah satu gejala asam lambung tinggi yang sering terjadi pada penderita asam lambung. Penderita asam lambung tinggi yang menjalankan ibadah puasa, pastinya akan sering mengalami nyeri ulu hati. Namun, berpuasa bukanlah penyebab nyeri ulu hati melainkan pola makan yang diterapkan kurang tepat. 

Penyebab Nyeri Ulu Hati Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Selain menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu, nyeri ulu hati juga dapat menimbulkan mual dan rasa terbakar di perut bagian atas. Meskipun sudah melakukan tips nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung, tetap saja keluhan nyeri ulu masih dapat dirasakan. Maka dari itu, nyeri ulu tersebut harus diatasi dengan segera agar ibadah puasa dapat terlaksana tanpa adanya nyeri ulu hati. Sebelum menjelaskan cara mengatasi nyeri ulu saat berpuasa, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui beberapa penyebab nyeri ulu hati.

Ada berbagai banyak hal yang diketahui dapat menimbulkan nyeri ulu hati. beberapa gangguan hingga penyakit disinyalir menjadi penyebab rasa tidak nyaman pada daerah tersebut. Berikut ini beberapa penyebab nyeri ulu hati yang sudah berhasil kami kumpulkan, antara lain:

1. Tukak Lambung

Tukak lambung atau luka lambung merupakan penyebab umum dari nyeri ulu hati. Luka lambung tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Pada kasus ini, nyeri ulu hati dapat terjadi setelah makan. Tidak hanya nyeri ulu hati, masalah lainnya pun dapat muncul seperti perut kembung, muntah darah kehitaman dan perut terasa penuh. Luka juga bisa terjadi pada usus dua belas jari dan dapat menyebabkan nyeri ulu hati, bedanya nyeri ulu hati yang disebabkan oleh tukak usus dua belas jari terjadi setelah makan dalam waktu dua sampai tiga jam.

2. Penyakit Hati

Hepatitis merupakan salah satu penyakit hati yang banyak diderita oleh orang pada umumnya. Peradangan hati ini ditandai dengan rasa sakit yang juga dapat dirasakan di daerah ulu hati. Peradangan hati tersebut disebabkan oleh infeksi virus. Selain nyeri ulu hati, hepatitis ini juga menimbulkan perubahan pada warna kulit menjadi kuning dan skela mata, demam serta badan lemas.

3. Penyakit Kantong Empedu

Kantong empedu merupakan kantong kecil yang terletak di bawah hati. Kantong tersebut berguna untuk menyimpan dan memproduksi cairan yang digunakan untuk mencerna lemak yaitu cairan empedu. Apabila kantong empedu mengalami masalah, maka akan timbul rasa sakit perut yang luar bisa hingga disertai dengan mual, muntah, demam, nyeri dada, tubuh gemetar dan tinja berwarna.

4. Pankreatitis

Pankreas adalah organ penghasil enzim yang gunakan untuk membantu proses pencernaan dan hormon dalam mengatur kadar gula di dalam tubuh. Pada saat pankreas mengalami radang, maka akan menimbulkan sebuah penyakit yaitu pankreatitis. Seseorang yang menderita pankreatitis akan mengalami rasa sakit akut yang bisa dirasakan sampai ke punggung disertai dengan muntah. Tidak hanya itu, penderita pankreatitis juga akan mengalami perubahan warna di sekitar panggul atau pusar, perut menjadi kaku, dan rasa sakit semakin parah setelah makan. Kondisi pangkreatitis yang sudah parah dapat menyebabkan penurunan berat badan dan tinja yang berbau aneh serta berminyak.

5. Kanker Lambung

Penyakit yang sangat ditakuti oleh hampir sebagai orang adalah penyakit kanker lambung. Penyakit ini dapat terjadi ketika sel kanker ganas masih terbentuk di dalam lambung. Orang yang berisiko terkena kanker lambung adalah pria, berusia lebih dari 55 tahun, perokok, memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini, dan seseorang yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. Gejala dari penyakit kanker lambung adalah sakit ulu hati disertai dengan muntah dan penurunan badan yang signifikan.

6. Tukak Peptik

Tukak peptik menjadi salah satu penyebab terjadinya nyeri ulu hati. Tukak peptik merupakan penyakit yang terjadi pada lambung yaitu dimana terdapat luka pada lapisan dinding lambung atau usus kecil. Apabila zat asam yang terdapat pada lambung mengenai luka tersebut dapat menimbulkan rasa sakit bahkan bisa mengeluarkan darah. Kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri dan penggunaan obat-obatan yang bersifat asam. Selain sakit pada nyeri ulu hati, rasa sakit juga akan dirasakan di sekitar pusar hingga dada. Rasa sakit tersebut semakin menjadi ketika perut kosong dan pada malam hari. Rasa sakit tersebut bisa hilang dan kembali pada hari atau minggu yang akan datang.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan nyeri ulu hati. Rasa nyeri ulu hati memang membuat tidak nyaman dan cukup mengganggu ditambah lagi dengan berbagai gejala lainnya yang ikut muncul membuat tubuh semakin tersiksa. Maka dari itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri ulu hati, diantaranya:

  • Konsumsi obat penurun asam lambung.
  • Jangan mengkonsumsi alkohol.
  • Hindari makanan yang mengandung kafein tinggi.
  • Hindari makanan penyebab iritasi perut.
  • Rajinlah mengkonsumsi makanan ringan.

Apabila cara tersebut tidak juga mengatasi rasa sakit pada nyeri ulu hati, segeralah mengkonsumsi obat herbal nyeri ulu hati agar rasa sakit yang timbulkan tidak semakin parah. Pemilihan obat untuk mengatasi nyeri ulu diusahakan menggunakan obat herbal karena tidak dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh dan mencegah rasa sakit semakin parah. Untuk obat nyeri ulu hati, kami sarankan untuk mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbukti mampu mengatasi, menyembuhkan dan mengobati nyeri ulu hati secara alami tanpa efek samping yang membahayakan tubuh dalam waktu yang relatif singkat. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC jelly Gamat dalam mengatasi nyeri ulu hati silahkan klik -> Obat Tradisional Nyeri Ulu Hati Di Apotik

Baca juga

Obat Asam Lambung Tinggi Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Di Apotik
Obat Tradisional Perut Mulas dan Mencret
Cara Mengatasi Maag Saat Puasa
Tips Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Penyebab Nyeri Ulu Hati Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*