Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag

Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag

Ketika bulan suci ramadhan tiba, seluruh umat muslim di dunia menyambut kedatangan ramadhan dengan penuh suka cita. Bagaimana tidak, bulan ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah untuk setiap umat muslim. Tak terkecuali dengan penderita maag yang juga menjadikan bulan ramadhan sebagai tantangan besar karena biasanya dapat memperburuk kondisi maag bahkan berakhir pada penurunan vitalitas tubuh.

Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag

Namun, hal tersebut tentu tidak sepenuhnya benar karena yang dapat memperparah kondisi maag tersebut adalah pengaturan pola makan yang tidak benar. Justru berpuasa sangat baik untuk penderita maag dan penderita asam lambung. Menjalankan pola makan yang salah selama berpuasa dapat membuat penyakit maag semakin parah. Maka dari itu, penderita maag wajib memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsinya pada buka puasa.

Penderita maag wajib menyusun Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag agar menghindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan asam lambung naik serta dapat mencegah perut begah dan kembung serta nyeri lambung yang biasa sering terjadi pada penderita maag setelah berbuka puasa. Penderita maag menggunakan cara tersebut sebagai cara mengatasi maag saat puasa. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai menu buka puasa untuk penderita maag diantaranya:

1. Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung tinggi serat seperti kentang, gandum utuh, kacang almond, kedelai, jagung, beras merah dan sebagainya sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa bagi penderita maag. Hal ini dikarenakan makanan berserat dapat membantu mengurangi luka pada lambung dan usus sehingga mampu memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus, menetralisir asam lambung tinggi, dan juga dapat membuat tubuh menahan rasa lapar lebih lama. Makanan tinggi serat juga lebih mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan.

2. Buah-buahan

Ada berbagai macam jenis buah-buahan di muka bumi ini, namun tidak semua jenis buah-buahan sangat baik untuk penderita maag. Buah-buahan yang sangat baik untuk penderita maag diantaranya pisang, jeruk, buah alpukat, pepaya, air kelapa. Buah-buahan tersebut dapat disantap setelah berbuka puasa sebagai cuci mulut. Buah-buahan tersebut sangat baik untuk penderita maag dikarenakan di dalam buah-buahan tersebut terdapat kandungan alami yang dapat mengatasi penyakit maag. Di dalam buah pisang terdapat kandungan kalium yang dapat menormalkan asam lambung, buah jeruk dapat mengurangi sakit maag, kandungan pepaya dapat dijadikan sebagai obat tukak lambung dan air kelapa mampu mencegah pembentukan asam berlebih di dalam perut serta pengganti ion yang hilang di dalam tubuh.

3. Sayuran

Sayuran yang sangat baik untuk penderita maag seperti wortel, kubis, kangkung dan brokoli sangat cocok dijadikan sebagai salah satu menu makanan berbuka puasa dikarenakan sayuran-sayuran tersebut mengandung zat antioksidan yang mana mampu meredakan gejala sakit maag serta mengurangi risiko luka lambung dan usus. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dan betakaroten mampu menjaga lapisan lambung dan usus. Sayuran tersebut dapat menjadi makanan yang sangat lezat apabila diolah dengan cara ditumis ditambahkan dengan bumbu dapur pilihan.

4. Makanan Mengandung Omega 3

Pada saat berbuka puasa, penderita maag disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Hal tersebut dikarenakan makanan sejenis lemak baik ini dapat membantu untuk meningkatkan produksi senyawa yang nantinya dapat melindungi lapisan pencernaan. Makanan yang mengandung omega 3 tersebut dapat ditemukan pada ikan berminyak seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan herring dan ikan tenggiri.

5. Air Putih

Pertama kali berbuka biasanya akan minum air putih terlebih dahulu untuk membatalkan puasanya. Begitu juga dengan penderita maag, minum air putih sangat penting. Minumlah banyak air putih secara berkala, jangan minum sekaligus karena dapat menyebabkan perut kembung.

Itulah beberapa menu buka puasa untuk penderita maag. Dengan menerapkan pola makan yang benar, insyaallah penderita maag dapat menjalankan ibadah puasa tanpa gangguan dari penyakit maag. Hal ini termasuk ke dalam cara mengatasi maag saat puasa yang cukup efektif. Sebagai pencegahan, apabila cara tersebut tidak cukup efektif cobalah mengkonsumsi obat maag saat puasa di waktu sahur.

Baca juga

Obat Pereda Asam Lambung Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Anak
Obat Tradisional Perut Mulas dan Mencret
Obat Herbal Nyeri Ulu Hati Di Apotik

Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*