Makanan Yang Dilarang Untuk Tukak Lambung

By | August 5, 2017

Makanan Yang Dilarang Untuk Tukak Lambung

Makanan Yang Dilarang Untuk Tukak Lambung – Tukak lambung menggambarkan kondisi di mana adanya luka, borok atau abses pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Helicobacter Pylori (H. Pylori), beberapa jenis obat obatan NSAID dan makanan tertentu juga dapat menyebabkan tukak lambung.

Makanan Yang Dilarang Untuk Tukak Lambung

Asupan makanan tertentu yang diketahui menjadi pemicu gejala tukak lambung bahkan bisa memperburuk kondisi luka lambung. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan sehat dan tidak sehat untuk tukak lambung. Beberapa pilihan makanan ini yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tukak lambung meliputi:

1. Soda & Minuman berkarbonasi lainnya

Pantangan makanan tang pertama untuk luka lambung adalah soda dan minuman ringan lainnya, termasuk minuman energi. Minuman jenis ini tidak hanya bersifat krsinoges alias pembangkit sel kanker, minuman ini bisa memicu produksi asam di lambung yang akan memperburuk luka lambung Anda.

2. Alkohol

Dalam bentuk apapun, baik makanan (tape, durian, dll.) Maupun minuman (bir, anggur, anggur, dll.) Tidak boleh dikonsumsi. Mengkonsumsi alkohol, terutama dalam jumlah banyak selain memperburuk tukak lambung, juga bisa membuat hati bekerja lebih keras dari biasanya.

3. Makanan Mengandung Gas

Gas yang dihasilkan oleh makanan tertentu, seperti sawi, kubis, lobak, nangka, pisang ambon, dan lainnya di perut bisa membuat asam lambung naik. Asam lambung tinggi bisa memperburuk kondisi tukak lambung anda.

4. Makanan asam

Cuka, acar, asinan, dan buah-buahan yang rasanya asam seperti lemon, kedongdong, nanas, mangga muda, belimbing wuluh, kiwi, dan lain-lain juga tidak boleh dikonsumsi oleh pasien dengan luka lambung. Hal tersebut dikarenakan hanya akan menambah gejala buruk yang sudah ada.

5. Makanan berlemak

Makanan pantangan tukak lambung lainnya adalah makanan berlemak. Misalnya: Makanan bersantan, aneka gorengan, fast food, kue, gulai, kari, jeroan, produk susu dan olahannya, seperti es krim, keju, dan margarin. Pasalnya, makanan berlemak bisa mengganggu metabolisme pada lambung.

6. Beberapa jenis kue

Bagi penderita tukak lambung yang suka kue, sebaiknya menghindari kue dengan banyak krim, kue coklat, kue keju, dan kue pisang. Itu karena jenis kue tersebut sulit dicerna oleh lambung sehingga membuat lambung terlambat mengosongkan isinya. Akibatnya, zat asam dalam perut akan naik dengan cepat.

Makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tukak lambung adalah:

  • Sayuran tumis.
  • Daging merah (kambing, daging sapi, babi, dll).
  • Jagung.
  • roti putih.
  • Pasta.
  • Mie.
  • kopi.
  • Talas.
  • Beras ketan.
  • Makanan pedas.

Tidak hanya pantangan makanannya saja, penderita luka lambung juga memiliki makanan yang baik untuk tukak lambungnya, Makanan yang baik bagi penderita tukak lambung antara lain:

1. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiviral. Madu bisa melawan dan menghancurkan bakteri H. pylori dan menenangkan mulas. Madu juga ampuh untuk menenangkan lapisan jengkel di perut, kerongkongan dan usus. Madu juga melapisi luka akibat ulkus dan mengurangi rasa nyeri pada mulas. (baca juga: cara mengobati luka lambung dengan madu)

2. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri yang bisa membunuh kuman yang hadir dalam tukak gastrik dan membantu meringankan rasa sakit. Rasa sakit ini disebabkan oleh bakteri berbahaya di sekitar ulkus, yang dihancurkan oleh bakteri menguntungkan yang ada di yogurt.

3. Sereal

Sereal mengandung sejumlah besar karbohidrat kompleks yang berguna untuk menenangkan rasa sakit maag. Serat yang terkandung dalam sereal akan membantu mengatasi masalah yang dihadapi pencernaan dan memperbaiki pencernaan makanan.

4. Kubis

Kubis mengandung banyak asam amino, L-glutamine, dan Gefarnate yang merupakan zat ampuh dalam meredakan mulas. Mereka membantu menghancurkan borok dengan melindungi lapisan pencernaan dan juga memastikan bahwa luka baru tidak akan muncul. Kubis juga meningkatkan produksi lendir yang melapisi dan melindungi luka yang ada agar tidak terasa sakit atau parah.

5. Bawang putih

Memiliki sifat antibakteri dan antiviral, bawang putih bisa melawan dan menghancurkan bakteri penyebab ulkus peptik.

6. Kentang

Kentang dapat bermanfaat untuk menenangkan penyakit maag. Namun, pastikan Anda tidak mengkonsumsinya dalam bentuk kentang goreng atau gorengan karena bisa memperburuk gejala tukak lambung.

Itulah beberapa pantangan makanan dan makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita tukak lambung. Apakah anda ingin sembuh dari penyakit luka lambung dengan cara yang alami dan terbukti mampu menyembuhkan luka lambung? Kini telah hadir obat herbal QnC Jelly Gamat yang secara efektif mampu menyembuhkan berbagai penyakit pada lambung seperti asam lambung tinggi, tukak lambung atau luka lambung, lambung bocor, radang lambung, maag, nyeri ulu hati dan berbagai penyakit lainnya. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC Jelly Gamat dalam mengatasi penyakit pada lambung silahkan klik -> Obat Tukak Lambung Di Apotik

Baca juga:

Obat Asam Lambung Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Dewasa
Obat Perut Mulas dan Mencret Di Apotik
Ramuan Obat Tradisional Luka Lambung
Makanan Setelah Operasi Lambung

Makanan Yang Dilarang Untuk Tukak Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *