Makanan Yang Baik Pada Saat Perut Mulas dan Mencret (Diare)

By | August 16, 2017

Makanan Yang Baik Pada Saat Perut Mulas dan Mencret (Diare)

Makanan Yang Baik Pada Saat Perut Mulas dan Mencret (Diare)Diare adalah gangguan medis pada sistem pencernaan dimana gejalanya akan dialami dalam bentuk perut yang tersikat, mulas dan buang air besar hingga 8 kali sehari. Secara umum, gejala diare akan menyebabkan seseorang mengalami kekurangan cairan elektrolit di dalam tubuh.

Makanan Yang Baik Pada Saat Perut Mulas dan Mencret (Diare)

Dalam beberapa kasus, penggunaan oralit digunakan sebagai pengganti cairan yang hilang tapi akan lebih baik jika menggunakan makanan atau minuman yang bisa mengatasi gejala diare. Beberapa faktor penyebab diare adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus atau racun bakteri staphylococcus, terjadinya alergi terhadap susu dan bahkan pengaruh kebersihan lingkungan kurang terjaga.

Makanan untuk penderita diare bersifat mudah dicerna, memiliki efek penebalan tinja, dan memenuhi kebutuhan cairan. Sedangkan pantangan makanan diare yang harus dihindari memiliki sifat yang sulit dicerna, membuang cairan tubuh, dan iritasi saluran pencernaan, sehingga memperburuk diare. Berikut adalah jenis makanan untuk orang dengan diare:

1. Nasi

Nasi merupakan menu utama bagi kebanyakan orang di negara-negara Asia. Namun terlepas dari fungsinya sebagai asupan karbohidrat harian ternyata nasi juga bisa membantu proses pembentukan tinja atau pratinjau di usus dan memadatkannya. Namun, beras merah dan beras hitam tidak dikonsumsi dengan baik saat diare karena kandungan seratnya tinggi.

2. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik alami yang dibutuhkan tubuh dalam mengurangi dan menghambat perkembangan bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Olahan susu fermentasi tentu tidak akan memperparah gejala diare pada pasien alergi susu. Bahkan yoghurt bisa meredakan gejala diare dan mengurangi bakteri jahat yang menyebabkan diare dari tubuh.

3. Pisang

Pisang adalah sejenis buah lembut dan lunak saat dikonsumsi serta dapat membantu menenangkan sistem pencernaan yang terganggu saat proses pembentukan tinja. Berikut adalah beberapa bahan yang terkandung dalam pisang:

  • Kalium: Kadar kalium yang tinggi bisa menggantikan cairan elektrolit yang keluar dengan kotoran saat diare.
  • Serat Pectin atau Serat Soluble: berfungsi untuk membantu menyerap cairan di dalam usus dan merangsang isi lambung (tinja)
  • Inulin: yang merupakan zat prebiotik yang bisa membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus.

4. Apel

Apel adalah sejenis buah padat yang perlu dicerna lebih lanjut dalam sistem pencernaan. Untuk itu bila seseorang mengalami diare sebaiknya mengkonsumsi apel olahan seperti saus apel agar mendapat manfaat dari kandungan pektin, glukosa dan zat lain yang mempu mengurangi gejala diare. Usus pada penderita diare terlalu lemah untuk menyerap apel yang dikunyah dalam keadaan segar tanpa diolah atau dihaluskan dulu. Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu mengusir partikel buruk di tubuh.

5. Roti Panggang

Roti merupakan salah satu sumber energi karena kandungan karbohidrat dari bahan yang digunakan untuk membuatnya. Gandum olahan yang terkandung di dalamnya mengandung karbohidrat yang bisa memberi energi di dalam tubuh.

6. Jahe

Jahe adalah minuman penghangat tubuh yang bisa membuat tubuh lebih nyaman. Kondisi perut saat diare tentu saja sangat mengganggu kesehatan sistem pencernaan menjadi tidak stabil, untuk itu konsumsi jahe dengan bentuk minuman atau dikunyah utuh agar usus tetap stabil saat diare. Tambahkan madu jika jahe diolah menjadi minuman untuk memberi rasa manis.

7. Biskuit

Biskuit yang terbuat dari olahan gandum bisa menjadi alternatif kudapan saat mengalami diare. Selain menambah asupan energi di dalam tubuh, kandungan sodium atau garam di dalamnya bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit (elektrolit) dalam tubuh.

8. Sereal

Sereal adalah jenis makanan olahan yang mengandung zat kanji dimana zat tersebut dapat membantu meringankan gejala diare. Kandungan beberapa zat di dalamnya membuat usus mudah dicerna. Selain itu, jenis makanan ini juga sangat disukai dan digunakan sebagai menu tambahan selain nasi.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan saat mengalami perut mulas dan mencret. Makanan tersebut merupakan makanan yang mudah dicerna sehingga perut mulas dan mencret pun dapat ditangani dengan cepat tanpa perlu bantuan medis. Selain mengkonsumsi makanan di atas, penderita diare juga harus melakukan pengobatan jika diare tak kunjung sembuh.

Untuk pengobatannya, kami merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbukti mampu mengatasi perut mulas dan mencret secara alami dalam waktu yang relatif singkat. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC Jelly Gamat dalam menyembuhkan perut mulas dan mencret silahkan klik -> Obat Perut Mulas dan Mencret Di Apotik

Baca juga

Obat Asam Lambung Di Apotik
Obat Luka Lambung Di Apotik
Obat Nyeri Ulu Hati Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Anak
Biaya Operasi Kanker Usus 2017

Makanan Yang Baik Pada Saat Perut Mulas dan Mencret (Diare)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *