Cara Menurunkan Asam Lambung

By | September 8, 2017

Cara Menurunkan Asam Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung – Lambung merupakan sebuah kantung muskuler yang letaknya antara esophagus dan usus halus, sebelah kiri abdomen di bawah diafragma. Lambung merupakan saluran yang dapat mengembang karena adanya gerakan peristaltik, tekanan organ lain, dan postur tubuh.Neopasma ialah kumpulan sel abnormal yang terbentuk oleh sel-sel yang tumbuh terus-menerus secara tak terbatas, tidak terkoordinasi dengan jaringan sekitarnya dan tidak berguna bagi tubuh.

Struktur Bagian-Bagian Lambung

  • Fundus ventrikuli
    Bagian ini menonjol ke atas, terletak di sebelah kiri osteum kardiakum dan biasanya berisi gas. Pada batas dengan esophagus terdapat katup sfingter kardiak.
  • Korpus ventrikuli
    Bagian ini merupakan bagian lambung yang berbentuk tabung dan mempunyai otot yang tebal membentuk sfincter pylorus. Antrum pylorus merupakan muara bagian distal dan berlanjut ke duodenum.
  • Antrum pylorus
    Merupakan bagian lambung yang berbentuk tabung dan mempunyai otot yang tebal membentuk sfincter pylorus. Antrum pylorus merupakan muara distal yang berlanjut ke duodenum.
  • Kurvantura minor
    Terletak di sebelah kanan lambung dan terbentang dari osteum kardiak sampai ke pylorus. Kurvantura minor dihubungkan ke hepar oleh omentum minor. Suatu lipatan ganda dari peritoneum.
  • Oesteum kariakum
    Merupakan tempat esophagus bagian abdomen masuk ke lambung. Pada bagian ini terdapat orifisium pylorus yang tidak mempunyai sfincter khusus, hanya berbentuk cincin yang membuka dan menutup osteum dengan kontraksi dan relaksasi. Osteum dapat tertutup oleh lipatan membran mukosa dan serta otot pada dasar esophagus.

Dari pembahasan mengenai lambung dan struktur bagian-bagian lambung, ada juga pembahasan mengenai penyakit asam lambung.

Penjelasan Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang di tandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esophagus. Esophagus yang di kenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung ini merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Jika produksi asam lambung mencapai hingga pH 2,5 akan menyebabkan peningkatan asam lambung sementara. Asam lambung sebenarnya sangat di perlukan untuk membantu pencernaan dan sangat di perlukan tubuh dalam jumlah seimbang. Produksi asam lambung biasanya akan meningkat pada saat tubuh memerlukannya yaitu ketika makan, sebaiknya pada saat tubuh tidak memerlukannya produksi asam lambung akan menurun kembali, oleh sebab itu jangan terlambat makan agar asam lambung tidak naik.

Penyebab Asam Lambung Naik

  • Seringkali mengonsumsi makanan pedas, bisa memicu lonjakan asam lambung dan menyebabkan sakit perut.
  • Sering mengkonsumsi makanan yang berlebihan serat dari serat dapat menyebabkan organ-organ pencernaan dari waktu khusus untuk mencerna makanan dan ini lebih lanjut akan meningkatkan produksi asam lambung.
  • Berlebihan konsumsi alkohol kebiasaan oleh alkohol memiliki efek buruk pada perut karena dapat menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.
  • Tidak teratur waktu makan, dalam kebanyakan kasus Anda dapat makan tidak teratur orang-orang yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan, yang menyebabkan peningkatan asam lambung.
  • Mengonsumsi kafein berlebih karena kafein dari kopi bisa menambah asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

Gejala Asam Lambung :

  • Perut menjadi kembung
  • Mual
  • Muntah
  • Bersendawa
  • Tenggorokan menjadi sakit
  • Sulit menelan
  • Suara menjadi serak
  • Mengalami batuk kering

Penyebab asam lambung bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti kebiasaan makan tidak teratur, diet yang buruk, kadar asam alami yang sangat tinggi, riwayat keluarga tapi apapun penyebabnya, maka anda bisa mencoba mengurangi asam lambung tanpa obat-obatan. Dengan beberapa cara sebagai berikut ini : 

  1. Hindari buah asam
    Buah yang tidak dikonsumsi oleh orang yang mengalami asam lambung rasanya seperti buah jeruk, nanas, lemon dan strawberry. Semua buah yang mengandung asam dapat menyebabkan asam lambung menjadi lebih buruk. 
  2. Hindari semua jenis produk kafein
    Kafein harus dihindari karena kafein yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan efek parah pada asam lambung. Kafein justru bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga anda bisa merasakan lebih banyak rasa sakit. Bahkan kafein juga bisa menyebabkan denyut jantung cepat yang menyebabkan sensasi terbakar diafragma.
  3. Hindari konsumsi makanan cepat saji
    Makanan cepat saji sering direbus dengan menggoreng dengan MSG dan garam yang lebih tinggi. Inilah alasan mengapa orang yang menderita asam lambung tinggi menghindari makanan cepat saji. Garam yang berlebihan akan menyebabkan tubuh membutuhkan banyak cairan dan ini bisa menyebabkan mual dan muntah.
  4. Minum air hangat campur madu
    Madu mengandung beberapa mineral yang penting untuk menyembuhkan asam lambung tinggi seperti magnesium, kalsium dan seng. Madu juga bisa menyembuhkan peradangan, sehingga beberapa kondisi peradangan pada saluran pencernaan bisa disembuhkan.
  5. Hindari dalam kebiasaan merokok
    Karena rokok mengandung nikotin yang akan membuat perut anda merasa selalu kenyang dan tidak bisa makan dengan baik. Nikotin pada rokok juga bisa menyebabkan masalah untuk perut seperti tukak lambung dan luka pada usus. Jadi ketika anda sering mengalami masalah asam lambung maka lebih baik untuk berhenti merokok.
  6. Mengkonsumsi oatmeal setiap pagi
    Bagi anda yang mnegidap penyakit asam lambung tinggi biasanya akan merasa tidak nyaman di saat pagi hari, dari kondisi ini sering membuat orang yang menderita asam lambung tidak bisa makan pagi. Sebagai cara untuk membuat asam lambung turun dengan cepat maka biasakan untuk makan oatmeal hangat setiap pagi.
  7. Mengkonsumsi sayuaran yang baik untuk asam lambung
    Sayuran sangat baik untuk lambung karena ini bisa membuat lambung menerima makanan lebih lembut dan menjadi nyaman. Beberapa jenis sayuran yang disarankan seperti brokoli, kentang, wortel, kubis, kacang hijau, kacang panjang dan jenis kacang kacangan lain. Kemudian Anda juga harus menghindari sayuran yang mengandung gas tinggi pemicu asam seperti paprika, bawang putih, cabe, dan tomat. 
  8. Mengkonsumsi pisang
    Pisang menjadi buah yang sangat baik untuk membantu mengatasi asam lambung yang tinggi. Pisang sangat lembut dan bisa diterima dengan baik oleh lambung. Selain itu kandungan kalium dalam pisang bisa membuat detak jantung lebih stabil sehingga juga bisa menghilangkan cemas dan stres.

Itulah dari penjelasan mengenai Cara Menurunkan Asam Lambung yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Anda tidak usah khawatir dan bingung mencari pengobatan untuk penyakit asam lambung, karena disini kami merekomendasikan khususnya untuk penderita asam lambung segera mengkonsumsi Obat Herbal Walatra G-Sea Jelly Gamat Emas dengan sensasi segar rasa jeruk. Dan Obat Herbal Walatra G-Sea Jelly Gamat Emas yang diperkaya banyak kandungan dan terbukti khasiatnya untuk mengobati asam lambung naik, selain itu juga dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit luar maupun dalam secara tuntas tanpa efek samping berbahaya. Silahkan Klik -> Obat asam lambung di Apotik

Baca Juga : 

Obat Nyeri Ulu Hati Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Anak
Obat Tradisional Asam Lambung Tinggi
Cara Mengatasi Maag Pada Saat Puasa
Obat Lambung Bocor Tanpa Operasi
Obat Asam Lambung Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Dewasa
Obat Perut Mulas dan Mencret Di Apotik
Ramuan Obat Tradisional Luka Lambung
Makanan Setelah Operasi Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *