Cara Mengobati Luka Lambung Dengan Madu

By | July 22, 2017

Cara Mengobati Luka Lambung Dengan Madu

Cara Mengobati Luka Lambung Dengan Madu – Madu memang memiliki sifat yang tidak bisa diremehkan. Hampir semua penyakit bisa dibantu penyembuhan dengan minum madu. Ini terutama madu alami dan alami dari lebah. Pada artikel ini saya akan membahas tentang hubungan antara madu bergizi dengan penyakit asam lambungSetiap penyakit tentu memiliki obat sendiri. Salah satu obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit adalah madu salah satunya adalah luka lambung.

Cara Mengobati Luka Lambung Dengan Madu

Penelitian tentang khasiat madu untuk sakit maag membantu banyak penderita penyakit yang oleh beberapa referensi disebut ulkus peptikum atau tukak lambung. Ulkus lambung biasanya terjadi karena erosi pada dinding lambung. Kondisi paling umum pada kasus tukak gastrik adalah munculnya nyeri di sekitar pleksus surya. Usia lanjut usia di atas 60 tahun memiliki risiko ulkus lambung lebih tinggi karena usia dan menurunnya kemampuan sistem pencernaan.

Sebelumnya, para ahli gastroenterologi pernah menertawakan penelitian ilmuwan Australia, dr Barry J Marshall dan J. Robbin Warren yang menyatakan bahwa sakit maag bukan disebabkan oleh stres, kepribadian tipe A, atau peningkatan asam klorida. Kedua periset tersebut mengatakan bahwa luka sebenarnya dari lambung dan luka usus duodenum disebabkan oleh bakteri berbentuk spiral yang disebut Helicobacter pylori. Namun faktanya kemudian terbukti dan mendukung pernyataan kedua peneliti Australia tersebut. Penemuan ini terdaftar sebagai satu dari 10 terobosan medis karena dianggap sebagai penemuan revolusioner oleh Dewan Penasehat dari Harvard Health Letter.

Bisakah Madu Menjadi Obat Tradisional Tukak Lambung yang Efektif?

Madu sangat efektif untuk sakit maag (dan beberapa jenis luka lainnya) setidaknya dalam dua kasus:

  • Glukosa oksidase (oksidase glukosa)
    Enzim glukosa oksidase yang ditemukan dalam madu ini menghasilkan hidrogen peroksida potensial yang membunuh bakteri berbahaya. Bakteri berbahaya ini saja bisa memperparah kondisi luka di perut yang bisa terus menggerogoti.
  • Kandungan bunga antibakteri
    Kandungan antibakteri dari bunga ini datang bersamaan saat lebah mengumpulkan serbuk sari alias serbuk sari. Antibodi ini membantu merampingkan bakteri terutama pada luka agar tidak bertambah parah dan infeksi.

Madu untuk pengobatan penyakit tukak lambung atau penyakit maag dianggap sebagai salah satu perawatan alami karena madu memiliki kecernaan dan membantu pencernaan. Madu untuk pengobatan gastritis terbukti efektif, seperti dikutip dari berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa madu ini dapat membantu penyembuhan berbagai bisul terutama ulkus gastrik yang disebabkan oleh bakteri spiral yang disebut Helicobacter pylori.

Sebagian besar jenis madu mengandung komponen yang menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan zat antibakteri. Namun, tidak semua jenis madu bisa bermanfaat bagi penderita penyakit perut. Salah satu madu yang baik untuk penyakit perut adalah madu manuka.

Manuka madu dianggap sebagai obat yang bisa membantu gastritis. Ini karena madu manuka mengandung zat kimia antibakteri unik yang disebut metyglyoxal. Zat anti bakteri diketahui sangat efektif melawan bakteri H. Pylori yang menyebabkan peradangan di perut.

Periset menilai madu bisa membantu refleks asam yang menyebabkan mulas dan membantu menenangkan iritasi pada kerongkongan. Viskositas madu bisa membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu sebagian besar mengandung gula alami yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, terutama sebagai antibakteri.

Dibandingkan susu, madu adalah cara yang efektif untuk menenangkan perut yang melapisi luka. Ditambah lagi, karena memiliki sifat anti bakteri, madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi perut dan saluran pencernaan dari berbagai kuman berbahaya.

Lalu, bagaimana mengkonsumsi madu sebagai obat herbal luka lambung atau tukak lambung?

Untuk mengkonsumsinya, parut 2 3 ruas kunyit sampai halus kemudian seduh 3 sendok makan air panas. Aduk dan peras, lalu campur air perasan tersebut dengan madu. Minumlah selama 3 hari sebanyak 2 kali sehari.

Itulah beberapa khasiat madu yang diketahui mampu mengobati luka lambung secara alami. Semoga bermanfaat dan menjembatani kesembuhan anda aamiin.

Baca juga

Obat Nyeri Ulu Hati Di Apotik
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Anak
Obat Perut Mulas dan Mencret Di Apotik
Cara Mengobati Lambung Bocor Secara Alami
Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada

Cara Mengobati Luka Lambung Dengan Madu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *