Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Jahe

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Jahe

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Jahe – Beberapa bahan alami memang dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit tanpa menimbulkan efek samping salah satunya adalah penyakit asam lambung. Bahan alami seperti ubi jalar, jeruk nipis, buah buahan untuk asam lambung ternyata sangat efektif dalam membantu penyakit asam lambung tinggi secara alami.

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Jahe

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas khasiat bahan alami lainnya yaitu jahe. Namun sebelum menjelaskan manfaatnya dalam mengatasi asam lambung tinggi, sebaiknya kita kenali lebih lanjut tentang bahan alami yang satu ini.

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sering gunakan sebagai bumbu masakan maupun pengobatan herbal sejak ribuan tahun lalu. Rempah yang memiliki nama latin Zingiber Officinale ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional juga banyak dibudidayakan di Indonesia. Jahe memiliki berbagai jenis diantaranya jahe merah, jahe gajah dan jahe kuning. Jahe sangat cocok diolah menjadi minuman jahe dan dikonsumsi pada cuaca dingin atau hujan karena khasiat jahe yang sudah diketahui secara umum adalah mampu menghangatkan tubuh.

Kandungan Jahe

Dengan khasiatnya yang dijadikan sebagai pengobatan herbal, tentunya tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Jahe memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup lengkap terdiri dari:

Unsur Gizi Kadar Per 100 gram
Kalori (kal) 51,00
Karbohidrat (g) 10,12
Zat Besi (mg) 1,60
Lemak (g) 1,00
Protein (g) 1,50
Kalsium (mg) 21,00
Fosfor (mg) 39,00
Vitamin A (SI) 30,00
Vitamin B (mg) 0,02
Vitamin C (mg) 4,00
Air (g) 86,20

Manfaat Jahe Untuk Asam Lambung

Selain sangat efektif dalam mengatasi masuk angin dan mampu menurunkan berat badan, jahe juga memiliki khasiat lain yaitu mampu mengatasi masalah pencernaan atau masalah pada perut seperti asam lambung tinggi dan nyeri ulu hati. Mengapa demikian? Karena di dalam jahe diketahui terdapat beberapa zat anti-mual dan anti-inflamasi atau anti-peradangan. Tidak hanya itu, jahe juga mampu mengontrol gerakan usus halus, mengurangi refluks asam dan membantu proses pencernaan.

Jahe mengandung minyak atrisi, oleoresi dan resin serta senyawa fenolik seperti zingerone, shogaols, dan gingerol. Di dalam perut, senyawa tersebut bertanggung jawab untuk meningkatkan aliran empedu dan sekresi lambung. Khasiat jahe untuk asam lambung tersebut sudah diteliti oleh beberapa ahli sehingga kita harus mempercayai bahwa jahe sangat efektif untuk asam lambung benar adanya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa:

  • Mampu mengurangi asam lambung naik ke dada atau kerongkongan.
  • Meningkatkan kinerja usus secara normal.
  • Mengatasi kejang otot yang berkaitan dengan kolik dan diare serta mampu menenangkan saluran pencernaan dari infeksi saluran pencernaan.
  • Membantu pencernaan lebih baik dengan meningkatkan produksi air liur dan sekresi lambung serta membantu pencernaan dan mencegah terjadinya refluks asam.
  • Mampu mengatasi dispepsia pada anak. Kondisi tersebut berhubungan dengan proses sistem saraf sensorik dari perut.

Untuk mengkonsumsi jahe sebagai obat pereda asam lambung tinggi harus sesuai dengan aturan. Usahakan tidak mengambil jahe lebih dari 2-4 g atau 1-2 sdt jahe segar serta ¼ dari jumlah jahe bubuk. Dalam kondisi apapun, jangan pernah mengambil lebih dari 4 gram jahe setiap hari. Adapun cara pembuatan minuman yang dianjurkan untuk penderita asam lambung sebagai berikut:

1. Wedang Jahe Sederhana

Bahan-bahan:

  • 30 gram jahe segar.
  • 15 gram gula merah.
  • 1 gelas air matang.

Cara Membuat:

  • Cuci jahe hingga bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Lalu buang kulitnya dan iris tipis-tipis.
  • Rebus air dan jahe hingga mendidih.
  • Kemudian tambahkan gula merah yang sudah diserut.
  • Sajikan wedang jahe dalam keadaan hangat.

2. Minuman Jahe Jeruk Nipis

Bahan-bahan:

  • 30 gram jahe segar.
  • 1 sdm air jeruk nipis.
  • 1 sdm sirup gula.
  • 100 ml air matang.

Cara Membuat:

  • Cuci jahe terlebih dahulu, kupas kemudian iris-iris.
  • Masukkan jahe, air jeruk nipis, sirup gula dan air ke dalam blender. Hancurkan hingga tercampur rata lalu saring.
  • Hidangkan dengan tambahan potongan es batu agar minuman jahe lebih segar dan nikmat.

Itulah beberapa resep yang bisa dijadikan referensi untuk mengkonsumsi jahe, bisa juga mengolah jahe sesuai keinginan anda. Demikianlah penjelasan mengenai cara mengobati asam lambung dengan jahe yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menjembatani kesembuhan penyakit anda aamiin.

Tahukah anda kini telah hadir obat asam lambung herbal yang sudah terbukti mampu menyembuhkan asam lambung secara alami, aman dan tanpa efek samping dalam waktu yang singkat!! Informasi lebih lanjut klik disini -> Obat Tradisional Asam Lambung Di Apotik

Baca juga

Obat Nyeri Ulu Hati Untuk Anak
Obat Infeksi Saluran Pencernaan Pada Dewasa
Cara Mengatasi Maag Saat Puasa Pada Anak
Obat herbal Asam Lambung Naik

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Jahe

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Membuat Minuman Jahe Untuk Asam Lambung Terbukti Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*